Pembukaan Pelatihan Angkatan I BLKK Al-Ahliyah


Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Al-Ahliyah, Cepi Sungkawa membuka secara simbolis kegiatan pelatihan angkatan I tahun 2020, di Gedung BLK Komunitas Al-Ahliyah, Senin (26/10/2020). Pelatihan unit kompetensi Cinematography (Sinematografi) pada program kejuruan Industri Kreatif tersebut berlangsung selama 24 hari kerja atau 240 jam pelatihan (JP) tersebut, diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar.

BLK Komunitas Al-Ahliyah dipercaya untuk melaksanakan Program Pelatihan Cinematography (Sinematografi) Kejuruan Industri Kreatif oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan wujud kepeduilan pemerintah untuk peningkatan keterampilan, serta perluasan kesempatan Kerja," ungkap Cepi.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya Yayasan Perguruan Agama Islam Al-Ahliyah 

Dikatakan, dengan berbekal keterampilan masyarakat Kabupaten Karawang khususnya para peserta pelatihan di BLK Komunitas Al-Ahliyah, dapat lebih mengembangkan potensi diri sehingga diharapkan dapat diterima bekerja di sebuah perusahaan ataupun membuka lapangan usaha secara mandiri.

"Sebagai lembaga pelatihan, BLK Komunitas Al-Ahliyah memiliki maksud untuk menjadi salah satu tempat dalam pengembangan keahlian dan pembinaan potensi untuk masyarakat yang unggul, agar mampu memiliki keterampilan dalam bidang Industri Kreatif yang tengah berkembang pesat saat ini untuk kepentingan hidup yang lebih baik," kata Cepi.

Dijelaskan, sasaran yang hendak dicapai dari kegiatan pelatihan kerja ini adalah terciptanya tenaga kerja terampil yang siap pakai dengan memiliki kompetensi khusus di Kabupaten Karawang, sebagai upaya dalam mengurangi angka pengangguran. "Dengan kriteria peserta antaralain masih menganggur, minimal lulusan SLTA/Sederajat, dan siap mengikuti pelatihan hingga proses penempatan magang," pungkas Cepi.