MA Al-Ahliyah Laksanakan UMBK secara Daring

Pembukaan UMBK Tahun Pelajaran 2020/2021 secara virtual dan live streaming oleh Kepala MA Al-Ahliyah, Nur Firdaos, S.Pd.I.


Di masa Pandemi Covid-19, Madrasah Aliyah (MA) Al-Ahliyah laksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) Tahun Pelajaran 2020/2021 secara daring. Kegiatan UMBK dibuka secara resmi oleh Kepala MA Al-Ahliyah, Nur Firdaos, S.Pd.I secara virtual dan live streaming pada Senin (22/3/2021) pagi yang diikuti dewan guru dan para siswa. Sebanyak 19 mata pelajaran (Mapel) yang diujikan dalam kegiatan tersebut untuk masing-masing jurusan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS/IPS) dan Matematika-Ilmu Alam (MIA/IPA).

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ke depan, tanggal 22-28 Maret 2021 tersebut diikuti oleh 97 siswa kelas XII, dengan jumlah 3 mata pelajaran per hari yang harus dikerjakan oleh para siswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Terdiri dari 5 mapel Pendidikan Agama Islam (PAI), 9 mapel umum, dan 5 mapel jurusan. Dengan waktu masing-masing ujian selama 90 menit.

Kepala MA Al-Ahliyah, Nur Firdaos, S.Pd.I meyampaikan, walaupun pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, semua pihak harus tetap semangat menatap masa depan khususnya di lingkungan dunia pendidikan, baik sebagai praktisi pendidikan, maupun pelajar yang senantiasa mengejar cita-cita dan ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan melaksanakan UMBK Tahun Pelajaran 2020/2021 secara maksimal.

Baca Juga : PKKM MA Al-Ahliyah Tahun 2021

"Jangan pernah merasa lelah membangun pribadi-pribadi yang bermanfaat dan bermartabat. Tetap semangat menimba ilmu pengetahuan, sehingha dapat bermanfaat untuk bekal kehidupan di masa mendatang," katanya saat membuka acara UMBK secara virtual dan Live Streaming, Senin (22/3/2021).

Panitia melakukan pengawasan aktivitas UMBK para siswa.
Ia berpesan kepada para orangtua dan dewan guru, untuk tidak pernah bosan membimbing dan mendukung kegiatan pembelajaran putra-putri dan siswa-siswinya. Termasuk dalam pelaksanaan UMBK saat ini, sehingga apa yang diharapkan pihak sekolah, guru, orangtua, dan siswa bisa terlaksana dengan baik.

"Selamat melaksanakan ujian. Jangan lupa pesan Ibu (Bupati) untuk melaksanakan 5M, untuk terus senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. Semangat dan sukses untuk para siswa semua, awali ujian dengan semangat dan senyuman," katanya.

Diketahui, akibat dampak pandemi Covid-19 sejak Tahun 2020 lalu, seluruh aktivitas pembelajaran di MA Al-Ahliyah dilakukan secara daring melalui aplikasi e-learning yang difasilitasi Kementerian Agama (Kemenag). Pada kegiatan UMBK tahun ini, para siswa mengerjakan soal-soal yang diujikan secara daring dari rumah masing-masing.

Seluruh aktivitas siswa dalam pelaksanaan UMBK secara daring ini dipantau secara berkala oleh panitia pengawas, dan dibantu apabila terjadi kendala teknis oleh panitia teknis. "Kami fasilitasi siswa yang terkendala alat dalam UMBK ini, sehingga mereka bisa melaksanakannya di sekolah," kata Kepala Proktor MA Al-Ahliyah, Cepi Sungkawa, S.Sos.I.

Baca Juga : PKKM MTs Al-Ahliyah Tahun 2021