MTs Al-Ahliyah Gelar Istighosah secara Virtual Jelang Pelaksanaan UMBK

Ust. A. Saeful Rohman, S.Pd.I memimpin istigosah yang dilaksanakan oleh MTs Al-Ahliyah jelang pelaksanaan UMBK, Minggu (28/3/2021).

Jelang pelaksanaan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) Tahun Pelajaran 2020/2021, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah menggelar istigosah secara virtual yang diikuti oleh para siswa kelas IX dan dewan guru, Minggu (28/3/2021).

Selain mengharapkan kelancaran dalam pelaksanaan UMBK, istigosah tersebut juga bertujuan untuk memohon diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui, pada tahun ini sebanyak 334 siswa kelas IX MTs Al-Ahliyah akan mengikuti kegiatan UMBK dengan jumlah 14 mata pelajaran yang diujikan. Selain itu, pelaksanaan UMBK juga dilakukan secara daring melalui aplikasi e-learning. Sehingga siswa tetap aman dengan berada di rumah saat mengikuti ujian.

Baca Juga : MA Al-Ahliyah Laksanakan UMBK secara Daring

"Semoga dengan pembacaan dzikir dan doa-doa dalam istigosah, kita diberikan kelancaran dalam pelaksanaan UMBK nanti. Meskipun ada kendala yang mungkin dihadapi, semua siswa diharapkan bisa mengikuti ujian dengan baik sesuai jadwal," ujar Wakil Kelapa Madrasah Bidang Kurikulum, Istiqomah Salamah, S.Ag., M.Pd.

Dikatakan, pelaksanaan UMBK akan berlangsung selama 1 minggu mulai tanggal 29 Maret sampai 4 April 2021, dan akan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, A. Hidayaturrahman, S.Pd.I secara virtual.

"Mulai besok (Senin, 23/3/21) kita laksanakan UMBK, diawali pembukaan secara virtual atau daring oleh Kepala Madrasah. Setiap hari siswa kelas IX wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang terbagi pada dua sesi, mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB," kata Bunda Isti -sapaan akrabnya-.

Sementara itu, Kepala Proktor UMBK MTs Al-Ahliyah, Cepi Sungkawa, S.Sos.I., S.Pd.I menyampaikan, para siswa kelas IX yang menglami kendala dalam pelaksanaan UMBK secara daring bisa datang ke sekolah.

"Kami akan fasilitasi para siswa yang terkendala alat, jaringan, atau keterbatasan kuota internet. Silakan datang ke sekolah dan mengikuti UMBK online di sekolah, kami siapkan laptop dan WiFi," kata Cepi.

Baca Juga : PKKM MA Al-Ahliyah 2021