MTP Al-Ahliyah 2022 Berlangsung Meriah

Perkemahan Masa Tamu Pramuka (MTP) Al-Ahliyah Tahun 2022 berlangsung meriah dan penuh kegembiraan. Para peserta yang merupakan siswa baru Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Ahliyah, diajak mengenal kepramukaan melalui berbagai kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam, tanggal 15-17 Juli 2022.

Mengusung tema “Novum Spiritum (Semangat Baru)” dalam perkemahan tahunan tersebut, para peserta disuguhi kegiatan-kegiatan menyenangkan yang memiliki nilai edukasi, di antaranya seminar kepramukaan, bazar hasta karya, festival layang-layang, nonton film, menyablon, widegame, pentas seni, dan api unggun.

Ketua Gugus Depan Al-Ahliyah, Hj. Susi Mawaddatussurur, S.Pd., MT., mengakatan, kegiatan MTP merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh pihaknya dan telah menjadi tradisi yang dilaksanakan sebagai bagian dari adat penerimaan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak di Yayasan Perguruan Agama Islam Al-Ahliyah.

“MTP tahun ini terasa begitu istimewa, karena untuk pertama kalinya bisa diselenggarakan lagi setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19. Sehingga antusias peserta sangat terasa saat mengikuti berbagai kegiatan yang telah dirancang oleh panitia dari siswa-siswi anggota Pramuka Penggalang MTs Al-Ahliyah dan Pramuka Penegak MA Al-Ahliyah,” ujarnya, Sabtu (16/07/2022).

Dijelaskan, selama tiga hari dua malam para peserta diajak untuk melajar hidup mandiri, disiplin, saling menghargai, serta bekerja sama dengan rekan dalam Regu maupun Sangga masing-masin. Sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda yang tangguh, bertanggungjawab, serta berjiwa optimis dan dinamis dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Sesuai dengan jargon “MTP Al-Ahliyah 2022 KIBAR (Kreatif, Inovatif, Berkarya)” para peserta diajak untuk mengenal kepramukaan melalui berbagai kegiatan yang menyenagkan, menantang, dan memiliki nilai lifeskill. Sehingga diharapkan dapat membantu para peserta nantinya ketika menghadapi tantangan baru dalam proses pembelajaran maupun pergaulan di tingkat pendidikan MTs maupun MA.

“Selain diisi dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan, para peserta juga mengikuti berbagai kegiatan keagamaan sebagai pembiasaan untuk dapat mengalkan Darma Pramuka yang pertama, yaitu Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui salat berjamaah, mengaji, dan tausiah,” kata Kak Susi –sapaan akrabnya- yang juga merupakan guru di MTs Al-Ahliyah.

Sementara itu, Kepala MA Al-Ahliyah sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Al-Ahliyah, Nur Firdaos, S.Pd.I., menyampaikan banyak terima kasih kepada para siswa yang tergabung dalam kepanitiaan dari Pramuka Penggalang dan Penegak Al-Ahliyah. Karena berkat kerja keras dan persiapan yang matang, kegiatan MTP Al-Ahliyah Tahun 2022 bisa terlaksana dengan baik.

“Melalui kegiatan MTP ini diharapkan terbentuk generasi-generasi muda yang berilmu, beriman, dan memiliki karakter kebangsaan dan cinta terhadap tanah air. Sebab pendidikan kepramukaan memiliki peranan penting dalam membentuk jiwa dan pola pikir generasi muda, dalam menghadapi tantangan zaman saat ini maupun di masa mendatang,” katanya saat Upacara Pembukaan MTP Al-Ahliyah Tahun 2022, Jumat (15/07/2022).