Ribuan Siswa Al-Ahliyah Peringati Hari Asyura dengan Doa Bersama

Memperingati Hari Asyura, 10 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022, ribuan siswa Yayasan Perguruan Agama Islam Al-Ahliyah (YAPISA) lakukan doa bersama. Para siswa yang bersal dari tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Ahliyah terbagi ke tiga titik lokasi kegiatan.

“Untuk siswa RA melaksanakan doa bersama di gedung sekolahnya yang berada di wilayah Jomin Barat, sedangkan siswa MI mengikuti doa bersama di halaman dan ruang kelas gedung MI yang berda di wilayah Desa Wancimekar,” ujar Sekretaris YAPISA, Cepi Sungkawa, S.Sos.I., Senin (8/8/2022)

“Sementara untuk siswa MTs dan MA kegiatannya di pusatkan di Masjid Besar Al-Ahliyah, sekaligus melaksanakan Khotmil Qur’an dan juga diisi Tausiah mengenai makna peringatan Hari Asyura,” tambahnya.

Usai melaksanakan doa bersama, para siswa dan juga dewan guru memakan bubur bersama yang telah dibawa dari rumah masing-masing. Kegiatan tersebut selain mengenang peristiwa bersejarah Nabi Nuh beserta kaumnya selamat dari banjir besar dengan menaiki perahu, juga upaya untuk mempererat hubungan anatara siswa dan guru, sehingga dapat menciptakan kebersamaan dan keharmonisan dalam melaksanakan pembelajaran.

Kegiatan peringatan Hari Asyura ditutup dengan acara santunan anak Yatim, dimana selain bersumber dari dana yayasan, sebelumnya para siswa juga telah bersama-sama mengumpulkan dana dengan menyisihkan uang jajannya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Tradisi peringatan Hari Asyura ini sudah dilakukan sejak lama, dari generasi ke generasi di Al-Ahliyah. Dan alhamdulillah pada tahun ini seluruh siswa bisa kembali terlibat, setelah selama dua tahun dilakukan secara terbatas karena pandemi Covid-19,” kata Cepi.

Sementara itu, Wakil Kepala MA Al-Ahliyah Bidang Kesiswaan, M. Afwan Al-Muta’ali, S.Th.I mengungkapkan, melalui kegiatan peringatan Hari Asyura tersebut, diharapkan para siswa dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari berbagai peristiwa para Nabi dan Rasul yang terjadi pada tanggal 10 Muharram atau Hari Asyura.

“Sehingga bisa semakin mendekatkan diri dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, serta semakin bersemangat dalam mempelajari ilmu agama untuk menjadi bekal dalam kehidupannya sehari-hari,” pungkasnya.