Pramuka Penggalang MI Al-Ahliyah Belajar Hidup Mandiri Lewat Kegiatan Jambore Ranting 2023

 


Puluhan siswa MI Al-Ahliyah yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Penggalang Gugusdepan Al-Ahliyah ikut serta dalam kegiatan Jambore Ranting Kwarran Kotabaru pada 13-15 Agustus 2023, di Bumi Perkemahan Cariu, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru.

Mereka terlihat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh Panitia Perkemahan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pramuka ke-75, di antaranya memanah, menghias tumpeng, karnaval, dan penjelajahan.

Selama tiga hari dua malam, puluhan Pramuka Penggalang dari satuan Putra dan Putri tersebut, hidup di alam terbuka menggunaan tenda di bawah pengawasan dan bimbingan para pembina dan andalan ranting Kwarran Kotabaru.

Pembina Pramuka MI Al-Ahliyah, Muhammad Nazmi Mustofa mengungkapkan, dengan mengikuti kegiatan Jambore Ranting, para siswa diajak untuk belajar hidup mandiri dan bekerjasama dengan teman sebayanya.

“Mudah-mudahan nantinya para siswa bisa semakin mandiri dalam kehidupan sehari-harinya, juga bisa terbiasa bekerjasama dengan teman-temannya di sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat,” katanya.

Nazmi yang juga merupakan Guru Kelas 2C MI Al-Ahliyah mengungkapkan, melalui kegiatan kepramukaan para siswa mendapatkan pendidikan karakter dalam membentuk kepribadiannya untuk bekal di masa mendatang.

Baca Juga: Penggalang MTs Al-Ahliyah Berpartisipasi dalam Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

“Selain itu, mereka juga dapat belajar baris berbaris (PBB), tali temali (pionering), dan berbagai ketangkasan lainnya. Sehingga diharapkan mereka dapat hidup  secara disiplin dan memiliki kemampuan lain di luar akademik,” jelasnya.

Diketahui, Jambore merupakan Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka, mulai dari tingkat yang paling bawah yaitu ranting sampai tingkat nasional.

Selain itu, pertemuan antar pramuka dunia juga diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Untuk tingkat ranting, biasanya diselenggarakan dua tahun sekali.

Baca Juga:  Ka Mabigus Al-Ahliyah Lepas Enam Pramuka Penegak Menuju Raimuna Nasional XII Tahun 2023


Penulis  :  Putra M. Wifdi Kamal
Editor    :  
Putra M. Wifdi Kamal
Foto       :  M. Nazmi Mustofa