Implementasikan Program P5 dan P2RA, MTs Al-Ahliyah Gelar Market Day 2023

 


Dalam rangka mengimplementasikan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin (P2RA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah menggelar kegiatan Market Day bertempat yang di Halaman Madrasah pada Kamis, 19 Okktober 2023.

Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional Tahun 2023, diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru sejak pagi hingga siang hari. Tercatat sebanyak 24 stand siswa dan 1 stand undangan yang terlibat dalam kegiatan tersebut, dengan menjajakan berbagai macam makanan, minuman, dan souvenir.

Baca Juga: MTs dan MA Al-Ahliyah Gelar Kegiatan Wokshop Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Memaksimalkan Proses Pembelajaran

Kepala MTs Al-Ahliyah, A. Hidayaturrahman, S.Pd.I mengatakan, kegiatan Market Day merupakan bagian dari implementasi program P5. Dimana para siswa dituntut untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, metakognisi, berkomunikasi, berkolaborasi, inovatif, kreatif, dan berliterasi informasi.

“Para siswa secara kreatif dan inovatis melakukan kerja sama kelompok untuk mewakili kelasnya membuka stand dan menyediakan berbagai macam jajanan, baik makanan dan minuman, maupun souvenir. Mulai dari siswa kelas 7 sampai kelas 9 berlomba menarik minat pembeli dari sesama siswa, dewan guru, maupun pengunjung lainnya,” katanya.

Dijelaskan, melalui kegiatan Market Day tersebut diharapkan para siswa bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dalam bidang kewirausahaan khususnya mengenai kerjasama, perencananan, pengolahan bahan baku, dan marketing, dengan mempraktekannya secara langsung.


Baca Juga: Intip Kemeriahan Peringatan HUT RI Ke-78 di MTs dan MA Al-Ahliyah

“Melalui Kegiatan kewirausahaan dapat menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan siswa. Juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas di masa mendatang,” ungkap Pak Ayat -sapaan akrabnya-.

Diketahui, dalam kegiatan Market Day MTs Al-Ahliyah 2023, para siswa, guru, dan pengunjung lainnya terlebih dulu menukarkan uang yang akan dibelanjakan ke bentuk kupon khusus pecahan Rp 2.000,- di banker yang telah disediakan panitia. Stand dengan pengumpul kupon terbanyak akan ditetapkan sebagai pemenang.

Penulis            :  Putra M. Wifdi Kamal
Editor              :  Putra M. Wifdi Kamal
Gambar/Foto  :  Panitia