MTs Al-Aliyah Cari Siswa Berbakat Lewat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2023

 


Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah menggelar sejumlah perlombaan, dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2023 dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan perlombaan yang diikuti para siswa  pada Jumat (20/10/2013), antaralain Kalighrafi, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, dan Singer Religi.

“Kegiatan perlombaan ini merupakan bagian dari implementasi program P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin), dimana siswa madrasah mampu mencerminkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di madrasah,” ungkap Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, M. Abduh Alfahmi, S.Pd.I.

Baca Juga: Implementasikan Program P5 dan P2RA, MTs Al-Ahliyah Gelar Market Day 2023

Dijelaskan, implementasi program P2RA dalam bentuk perlombaan yang dikemas dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2023 ini, mengajak para siswa untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan untuk sesama manusia, serta semua makhluk ciptaan Allah SWT.

“Dengan adanya momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2023, diharapkan para siswa nantinya mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosok yang moderat, bermanfaat di tengah  kehidupan masyarakat yang beragam, serta berkontribusi aktif menjaga keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia,” katanya.

Selain itu, kegiatan perlombaan tersebut juga merupakan ajang pencarian dan penggalian bakat maupun talenta siswa untuk menghadapi Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2024 mendatang.

“Lewat kegiatan ini, kami mencari siswa-siswi yang berbakat dalam bidang seni untuk nantinya dilakukan pembinaan dan pelatihan secara berkelanjutan, dalam rangka menghadapi ajang-ajang kompetisi salah satunya Aksioma. Dan kami targetkan dapat mempertahankan gelar juara umum,” Kata Abduh -sapaan akrabnya-.

Baca Juga: MTs Al-Ahliyah Bawa KKM 2 Jadi Juara Umum Aksioma Kabupaten

Diketahui, rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional 2023 di MTs Al-Ahliyah berlangsung selama 3 hari, tanggal 19-21 Oktober 2023. Berbagai acara yang dilaksnakan antaralain Market Day, Perlombaan (Kaligrafi, Pidato, dan Singer), Serta Istigosah sebagai puncak kegiatan.

Penulis            :  Putra M. Wifdi Kamal
Editor              :  Putra M. Wifdi Kamal
Gambar/Foto  :  Panitia