Ratusan Peserta Didik Baru Mengikuti Kegiatan MATSAMA Tahun 2022

Ratusan peserta didik baru kelas 7 (tujuh) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah, Bakan Maja, Kota Baru, Karawang, mengikuti kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022-2023. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala MTs Al-Ahliyah, Ahmad Hidayaturrahman, S.Pd.I., tersebut berlangsung selama tiga hari, tanggal 19-21 Juli 2022.

"Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan madrasah selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru," ujar Pak Ayat -sapaan akrabnya-, Selasa (19/07/2022).

Diijelaskan, melalui kegiatan MATSAMA para peserta didik baru akan dikenalkan sistem pembelajaran, ciri khas (keunikan dan keunggulan), karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. "Karena itulah, penyelenggaraan kegiatan ini turut menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah pada tahap selanjutnya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, M. Abduh Al-Fahmi, S.Pd.I., yang juga merupakan Wakil Kepala MTs Al-Ahliyah Bidang Kesiswaan mengatakan, beberapa materi yang disampaikan kepada peserta didik baru dalam kegiatan MATSAMA tahun ini antaralain, kemadrasahan yang meliputi proses belajar dan mengajar, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, tata tertib dan norma yang berlaku, serta kegiatan dan keorganisasian.

"Kemudian materi moderasi beragama yang didalamnya mencakup wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan budaya lokal. Para peserta didik juga diberikan materi budaya digital mengenai peran dan fungsi media digital, serta etika dalam bermedia digital," kata M. Abduh.

Disampaikan, kegiatan MATSAMA dalam pelaksanaannya tidak lepas dari visi dan misi lembaga, serta nilai-nilai yang menjadi pedoman dan budaya di MTs Al-Ahliyah. Sehingga dalam pelaksanaannya mampu memberikan pengalaman baru yang bersifat edukatif dan inspiratif, serta menyenangkan.

"Tentunya melalui MATSAMA ini diharapkan nantinya tercetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga secara spiritual dan juga berkarakter," pungkasnya.