MA Al-Ahliyah Gelar Kegiatan MATSAMA untuk Peserta Didik Baru

Madrasah Aliyah (MA) Al-Ahliyah, Bakan Maja, Kota Baru, Karawang, gelar kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022-2023. Kegiatan tahunan tersebut berlangsung selama tiga hari, tanggal 19-21 Juli 2022.

Ketua Panitia Kegiatan, M. Afwan Al-Muta'ali, S.Th.I., mengatakan, setiap tahun ajaran baru dimulai, proses pembelajaran di lingkungan madrasah selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

Dijelaskan, melalui kegiatan MATSAMA para peserta didik baru akan dikenalkan sistem pembelajaran, ciri khas (keunikan dan keunggulan), karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Penyelenggaraan kegiatan ini turut menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah pada tahap selanjutnya.

"Kegiatan ini tidak lepas dari visi dan misi, serta nilai-nilai yang menjadi pedoman dan budaya di MA Al-Ahliyah. Sehingga dalam pelaksanaannya mampu memberikan pengalaman baru yang bersifat edukatif dan inspiratif, serta menyenangkan," ujar Gus Afwan -sapaan akrabnya-, Selasa (19/07/2022).

Beberapa materi yang disampaikan kepada peserta didik baru dalam kegiatan MATSAMA antaralain, kemadrasahan yang meliputi proses belajar dan mengajar, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, tata tertib dan norma yang berlaku, serta kegiatan dan keorganisasian.

"Kemudian materi moderasi beragama yang didalamnya mencakup wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan budaya lokal. Para peserta didik juga diberikan materi budaya digital mengenai peran dan fungsi media digital, serta etika dalam bermedia digital," kata Afwan yang juga merupakan Wakil Kepala MA Al-Ahliyah Bidang Kesiswaan.

Sementara itu, Kepala MA Al-Ahliyah, Nur Firdaos, S.Pd.I., mengungkapkan, mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter madrasah kepada para peserta didik baru menjadi poin penting dalam memberi gambaran bagi peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran tercipta rasa aman dan nyaman dalam upaya pengembangan seluruh potensi diri dan kemampuan peserta didik itu sendiri.

Selain itu, melalui kegiatan MATSAMA diharapkan dapat menumbuhkan kultur dan kebanggaan peserta didik baru, agar mereka sejak dini dapat memahami, mencintai, dan menjaga nama baik madrasah. Serta menanamkan dan memperkuat nilai-nilai modrasi beragama dan karakter yang sesuai dengan visi dan misi lembaga.

"Melalui kegiatan MATSAMA ini diharapkan nantinya tercetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga secara spiritual dan juga berkarakter," pungkas Nur Firdaos.