MTs Al-Ahliyah Gelar UMBK secara Daring untuk 334 Siswa Kelas IX


Sebanyak 334 siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah Bakan Maja, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, mengikuti kegiatan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) secara daring atau online. Terdapat 14 mata pelajaran yang diujikan dalam kegiatan yang berlangsung selama satu minggu tersebut, tanggal 29 Maret sampai dengan 4 April 2021.

Pelaksanaan UMBK secara daring atau online dibuka secara langsung oleh Kepala MTs Al-Ahliyah, A. Hidayaturrahman, S.Pd.I secara virtual bersama Pengawas Madrasah, Yandi Hanadi, S.Pd.I., M.Si., dan dewan guru serta para siswa, Senin (29/3/2021) pagi.

"Meskipun ada kendala yang mungkin dihadapi (selama proses belajar di masa pandemi Covid-19), semua siswa diharapkan bisa mengikuti ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Hidayaturrahman.

Dikatakan, para siswa harus terus semangat untuk menggapai cita-cita. Apapun hasil yang didapat pada UMBK nantinya, harus menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan kualitas diri pribadi di masa mendatang.

Baca Juga : MTs Al-Ahliyah Gelar Istighosah secara Virtual Jelang Pelaksanaan UMBK

"Tentunya selamat bagi para siswa yang mendapat nilai baik dalam ujian nantinya, bagi yang masih kurang nilainya jangan patah semangat, terus tingkatkan belajar," kata Hidayaturrahman.

Sementara itu, Wakil Kelapa Madrasah Bidang Kurikulum, Istiqomah Salamah, S.Ag., M.Pd. mengatakan pelaksanaan UMBK yang merupakan salah satu syarat kelulusan siswa akan berlangsung selama 1 minggu dengan dibagi dalam dua sesi ujian.

"Sesi pertama dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, dan sesi kedua dimulai pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB. Ada 14 mata pelajaran yang harus diselesaikan oleh para siswa" katanya.

Dikatakan, setiap hari siswa kelas IX wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Para siswa yang menglami kendala dalam pelaksanaan UMBK secara daring bisa datang ke sekolah.

"Kami fasilitasi para siswa yang terkendala alat, jaringan, atau keterbatasan kuota internet. Silakan datang ke sekolah dan mengikuti UMBK online di sekolah, kami siapkan laptop dan WiFi," katanya.

Baca Juga: MA Al-Ahliyah Laksanakan UMBK secara Daring