Penggalang MTs Al-Ahliyah Berpartisipasi dalam Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat Tahun 2023



Sebanyak 32 Pramuka Penggalang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah berpartisipasi dalam Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat Tahun 2023, di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Generasi Tangguh untuk Indonesia Utuh”, berlangsung pada 12-14 Agustus 2023.

Selama tiga hari dua malam para Pramuka Penggalang dari berbagai Madrasah se-Jawa Barat berkumpul dan menampilkan berbagai kreasi khas dari daerahnya masing-masing. Selain itu, mereka juga diberikan berbagai pelatihan materi kepramukaan dengan tujuan menumbuh kembangkan Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin, sebagai karakter di lingkungan Pramuka Madrasah.

“Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat Tahun 2023 adalah rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian,” ungkap Pembina Pramuka Penggalang MTs Al-Ahliyah, Wida Widya, S.Pd.

Baca Juga: Ka Mabigus Al-Ahliyah Lepas Enam Pramuka Penegak Menuju Raimuna Nasional XII Tahun 2023

Pratama Satuan Penggalan Putra Al-Ahliyah, Rosyid Hanif Fakhriyanto mengaku senang bisa mengikuti perkemahan bersama rekan-rekan lainnya. Karena banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapat selama kegiatan. “Alhamdulillah dapat pengalaman baru, banyak ilmu yang didapat, dan juga banyak dapat teman baru sesama anggota Pramuka Penggalang dari daerah lain,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Nayla Nurafifah, Pratama Satuan Penggalang Putri Al-Ahliyah, bersyukur mendapatkan kesempatan ikut serta dalam Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. “Lewat aktif di kegiatan Pramuka, banyak pengalaman yang bisa diambil. Alhamdulillah tahun ini bisa ikut juga di perkemahan madrasah tingkat Jawa Barat,” katanya.

Sementara itu, Ka Mabigus Al-Ahliyah, A. Hidayaturrahman berharap, dengan mengikuti kegiatan Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Jawa Barat, diharapkan para siswa khususnya anggota Pramuka Penggalang Al-Ahliyah dapat mewujudkan Tri Satya dan Dasa Darma anggota Gerakan Pramuka, dalam menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

Baca Juga: Pramuka MTs Al-Ahliyah Raih 2 Emas 3 Perak di Ajang LT III Karawang

“Meningkatkan rasa pengabdian dan kepedulian anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Serta berkembangnya jiwa korsa anggota Gerakan Pramuka sebagai upaya untuk menggalang persatuan dan kesatuan generasi muda,” jelas Pak Ayat –sapaan akrabnya- yang juga merupakan Kepala MTs Al-Ahliyah.


Penulis  :  Putra M. Wifdi Kamal
Editor    :  Putra M. Wifdi Kamal
Foto       :  Dilan/M. Taufik